Educative Tour & University Visit to Yogyakarta

012cd37c-b532-40d6-900f-5e0b4536a72cMAIT Darul Fikri dalam mencapai Quality Assurance (QA) terus memberikan pengalaman pembelajaran khususnya untuk membuat santri mampu melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Berbagai program andalan terkait study ke universitas terkemuka diberikan kepada santri untuk menjadi pengalaman berharga yang memotivasi santri untuk memiliki pendidikan yang berkualitas. Pada bulan Maret ini konsep pengalaman pendidikan yang diterapkan adalah Educative Tour & University Visit to Yogyakarta.
Konsep tour diawali dalam bentuk backpacker dimana para santri tidak bepergian menggunakan kendaraan rental atau pribadi, mereka hanya dibekali dengan anggaran yang cukup untuk pergi ke Jogja dan kembali ke madrasah dengan angkutan umum. Ini dipilih untuk memberikan pengalaman kerjasama dan kemandirian.
Dari awal pemberangkatan para santri dibagi menjadi empat halaqoh yang terdapat satu pembimbing pada setiap halaqohnya. Mereka mengemas perjalanan berdasarkan konsep masing-masing grup atau halaqoh tersebut. Ini menjadi berbeda antar halaqoh yang satu dengan yang lainnya. Ada yang berangkat menggunakan kereta dan ada juga yang menggunakan bus ekonomi atau cepat.
Mabit di Jogokaryan
ccbac388-2210-471d-980b-d071839e7548Tiba pertama kali di Jogja, semua halaqoh berkumpul dan bertemu di Masjid Jogokaryan. Semua yang tiba disana melakukan mabit dan I’tikaf bersama jamaah yang lainnya. Rasa lelah terbayar dengan penyambutan pengurus masjid kepada santri yang cukup memuaskan. Setiap pendatang diberikan kalender dan dijamu dengan hangat. Inilah yang menjadikan masjid ini begitu fenomenal, ditambah lagi dengan khas masjid yang selalu dipenuhi jamaah khususnya pada saat shalat Shubuh. Lantai satu dan lantai dua menjadi penuh dengan jamaah. Ini membuat santri semakin semangat pada saat itu.
Rihlah Halaqoh
Konsep Rihlah Halaqoh dilakukan per halaqoh dan memiliki tujuan yang berbeda. Setiap halaqoh bersama dengan pembimbingnya melakukan tour di sekitar Jogja. Ada beberapa yang melakukan tour tafakkur alam hingga Magelang. Berbagai pembelajaran alam disaksikan oleh para santri untuk mengaktualisasikan ilmu-ilmu dan teori-teori yang telah diperolehnya di pembelajaran formal.
Mereka tidak hanya melakukan pembelajaran alam saja namun ada tugas khusus yang menjadi tanggung jawab mereka. Setiap santri wajib melakukan pencatatan atau record perjalanan untuk menjadi bahan materi pembuatan buku perjalanan. Jadi, masing-masing kelompok mengorganisasikan halaqohnya untuk memiliki catatan khusus yang dikumpulkan dan dijadikan buku perjalanan.
Mabit di Masjid Kampus Universitas Gajah Mada
Setelah sesi Rihlah Tarbawiyah bersama Murabbi, para santri berkumpul di Masjid Kampus UGM untuk malakukan Mabit. Pada mabit yang diawali dengan Shalat Fardhu dan Tilawah, santri mendapatkan sesi Night Inspiration Lecturing bersama Prof. H. Mahfud Sholihin, M.Acc, Ph.D yang memberikan pengalaman tentang belajar di universitas dan kuliah di luar negeri. Sungguh kebanggaan bahwa santri MAIT Darul Fikri disambut oleh Orang penting di civitas akademika UGM tersebut.
Sesi Dialog Bersama Sri Haryanti,S.Pd, M.Pd (Kepala Seksi Penerimaan dan Promosi Direktorat Pendidikan dan Pengajaran)
Pada sesi inti yang menjelaskan tentang profil UGM dan program-programnya dijelaskan oleh Ibu Sri Haryanti,S.Pd,M.Pd. Santri PPTQ Darul Fikri tidak sendiri, ada sekolah lain yang ikut berpartisipasi dalam pertemuan tersebut yakni SMAN 1 Indramayu. Pada momen ini para santri masih semangat meskipun ini merupakan hari terakhir Educative Tour ini. Ini terbukti khususnya setelah selesai pemaparan oleh Ibu Sri tersebut, mereka sangat aktif dalam menghaturkan pertanyaan kepada penyaji. Lebih dari sepuluh santri memberikan pertanyaan walaupun dibatasi oleh Mistress of Ceremony. Hingga akhirnya mereka terpuaskan dengan informasi yang diberikan oleh penyaji.
Rangkaian kegiatan tersebut langsung ditutup dengan doa bersama dan pulang ke tanah tercinta PPTQ Darul Fikri Sidoarjo. Pengalaman yang sangat berharga di atas diharapkan mempu menjadi titik motivasi yang membuat mereka untuk bergairah dalam belajar, meraih prestasi, dan meraih mimpi ke universitas ternama yang mereka inginkan.

17 – 19 Djumadits Tsani 1439 H/ 5 – 7 Maret 2018 M

Share Button