Tidak Ingin ke Lain Hati, Hafidz Ini Ingin Lanjut Sekolah di Darul Fikri

IMG_0336Rajin dan sederhana, inilah dua sifat yang melekat pada  Muhammad Husein, santri kelas 9 SMPIT PPTQ Darul Fikri. Lahir di Nganjuk  Jawa Timur 9 Januari 2002 Husein telah menyelesaikan setoran hafalan 30 juz saat duduk di awal kelas 9 SMPIT Darul Fikri. Berikut kami sajikan perjalanan singkatnya dalam menghafal Alquran, semoga bisa menginspirasi anak-anak yang lain.

Berbekal hafalan  satu juz yang di dapat di SD Muhammadiyah 26 Surabaya, setelah lulus SD Husein memutuskan untuk nyantri di Darul Fikri. Pilihan nyantri berawal dari saran kedua  orang tuanya. Orang tua Husein , Jumianto dan Indah Setyowati yang sehari-hari tinggal di Perumahan Bumi Madina Asri Mulyorejo Surabaya meyakini bahwa pesantren merupakan salah satu tempat terbaik untuk mendidik anak, maka Huseinpun disarankan untuk masuk pesantren.   Husein remaja sulung dua bersaudara  inipun tidak pikir panjang langsung menyambut keinginan orang tuanya, nyantri untuk hafal Alquran. Perjalanan study putra pasangan wiraswastawan dan PNS ITS ini dengan ijin Allah tidak banyak mengalami masalah, bahkan menurut pengakuannya ia sudah nyaman di pondok sejak hari pertama masuk, sesuatu  yang jarang terjadi untuk santri  tingkat SMP. Biasanya teman-temannya membutuhkan masa adaptasi 1-3 bulan. Remaja yang bermimpi menjadi dai ini di samping rajin menghafal Alquran juga cukup aktif berorganisasi. Tercatat dia pernah menjabat Sekertaris II OSIS SMPIT Darul Fikri tahun 2015/2016. Pelajarannya umum di sekolah juga bisa difahami tanpa kesulitan yang berarti. Untuk menghindari kejenuhan yang menyapa di sela belajar dan menghafal Alquran Husein suka menyalurkan hobinya, bermain sepakbola dan membaca. Satu lagi resepnya mengatasi kemalasan adalah dengan wudhu, begitu rasa malas datang ia langsung berwudhu, “Biasanya langsung semangat lagi” katanya.

               PUTRA “Alquran adalah jalan hidupku” inilah motto hidup Husein yang membantunya menjalani hari-harinya. “Saya ingin memberikan mahkota kemuliaan kepada orang tua di surga dan memberi teladan kepada teman-teman  sebaya saya di mana saja” tuturnya  saat ditanya apa motivasinya menghafal Alquran. Setelah masuk Dafi memang keinginan Husein untuk hafal 30 juz terus tumbuh, melihat kakak kelas dan sebagian temannya yang sudah selesai menghafal 30 juz semakin menambah motivasinya, ditambah dengan lingkungan pondok yang mendukung untuk hafal Alquran. Menurut Husein dengan ijin Allah orang bisa hafal Alquran kalau istiqomah dan sungguh-sungguh. Ikhtiar, sungguh sungguh, bangun lebih awal di pagi hari, mengurangi waktu bermain, istiqomah setor minimal dua halaman setiap hari dan doa agar diberi kemudahan di setiap waktu yang mustajab  adalah kunci sukses menghafal Alquran menurutnya. Husein selalu menikmati kegiatan di Darul Fikri meskipun cukup padat jadwalnya  dan dengan fasilitas yang sederhana, termasuk makan sehari-hari dengan menu yang sederhana. Mukhoyyam Alquran menjadi kegiatan favoritnya selama nyatri, “Saya senang Mukhoyyam Alquran karena kita benar-benar bisa fokus bersama Alquran” terangnya. Liburan sekolah baginya  adalah kesempatan untuk memberikan banyak waktu untuk mengafal Alquran di Mukhoyyam. Keinginannya untuk hafal Alquran 30 juz semakin menguat saat naik kelas 9, iapun meningkatkan mujahadahnya, tidur dikurangi, memperbanyak doa, memperhatikan nasehat guru dan orang tuanya. Akhirnya  Selasa, 19 Dzul Hijjah 1437 H menjadi hari bersejarah dalam hidunya, Husein selesai menyetorkan hafal 30 juz, maa syaa Allah wa baarakallah fiih.

                Kini Husein mengisi  hari-harinya dengan belajar persiapan ujian akhir dan  Alquran, memutqinkan hafalan menjadi tergetnya setelah khatam setoran. Kecintaan untuk selalu bersama Alquran mendorongnya untuk tidak mendaftar sekolah selain Darul Fikri, dirinya tak mau ke lain hati, saat ini ia telah memutuskan untuk tidak meninggalkan Darul Fikri, ia ingin menyempurnakan studynya di MA IT Darul Fikri setelah lulus SMP nanti in syaa Allah. Allahu Akbar, semoga tercapai cita-citamu Husein, Aamiin.

Share Button