Rihlah Dakwah yang Unik

rihlahdakwah1Ramadan adalah bulan dakwah. Masyarakat sangat rindu nasihat dan ilmu di bulan Ramadan. Momentum ini dimanfaatkan dengan baik oleh santri-santri Darul Fikri. Selama satu pekan mulai tanggal 22 Juli, 20 orang santri putra dan putri Kelas 9 melaksanakan kegiatan Rihlah Dakwah di Desa Sumber Manjing Kulon, Pagak, Malang Selatan.

Kegiatan yang disponsori oleh Dompet Alquran Indonesia ini dirasakan sangat bermafaat bagi masyarakat, terlebih lagi bagi para santri sendiri. “Sangat bermanfaat karena membawa metode yang baru dan menarik dalam menyampaikan agama, juga menggugah masyarakat untuk lebih bersemangat belajar agama,” tutur Pak Harmanu, tokoh masyarakat setempat.
“Menyenangkan karena kita langsung bersentuhan dengan masyarakat,”  kata Nyimas Hanna Birrin, santri Darul Fikri asal Gresik yang menjadi salah satu peserta kegiatan.

rihlahdakwah2Berbagai kegiatan mereka lakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Sumber Manjing Kulon. Ada yang mengisi Pondok Ramadan di beberapa SD, menjadi imam sholat tarawih, mengisi kultum, mengikuti tadarus bersama, mengikuti buka puasa bersama jama’ah masjid, mengajar TPA, dan silaturahim kepada tokoh dan warga. Luar biasa, sangat padat namun semuanya kebaikan. “Semoga program ini mempercepat lahirnya anak-anak muda yang hafal Alquran dan menjadi penggerak kebaikan di masyarakat,” begitu harapan Direktur Pesantren Tahfidz Alquran Darul Fikri, Agus Hariadi, S.Pd.I. Insyallah.

Share Button

, , , , , , , , ,